Rabu



Al- Futuhat Al- Makkiyyah Karya Ibnu ‘Araby
Oleh  Ikhlas Budiman , M. Si.
A.    Biografi Ibnu ‘Araby
  • Nama lengkapnya adalah Abu Bakr Muhammad Bin ‘Ali Bin Muhammad Bin Ahmad Bin Abdullah al- Hatimi. Nama panggilan Abu Bakr
  • Lahir 17  Ramadhan  560 H/28 juli 1165 di Mursiya , Andalusia. Wafat pada malam Jumat 28 rabi’ul akhir 638 H / 1240 M.
  • Guru-gurunya : Abu Bakr Muhamad Bin Khalaf al- Lakhami, Abu Al- Qasim ‘Abdurrahman al- Ghalib al- syarrath al- Qurthubi, Abu al- Hasan Syurayh al- Ru’ainy, al- Qhady Abu Muhammad ‘Abdullah al- Bazili, Abu Bakr Muhamad Bin Ahmad Bin Abi Hamzah, Abu Abdillah Muhammad bin Sa’id bin Darbun. Abu Muhammad Abdulhaq bin Abdurrahman bin Abdullah Al- Isbili, Abdushamad bin Muahammad bin Abi al- Fadhl  bin Haratsani, Yunus bin Yahya bin Abi Al- Hasan, al- Abbasy al- Hasymi.
B.     Karya-karya Ibnu Araby
  • Karangan-karangan beliau mencapai sekitar 244 jumlah diantaranya adalah : al- Ahadiyah, al- Arwah, al- Adab, al- Insan al- Kamil, al- Azal, al- futuhat al- Makkiyyah, al- Tahlil wa al- Tarkib, fushus al- Hikam, al- Naum wa al- Yaqzah, dll.
C.    Kitab al- Futuhat al- Makkiyah
  • Di tulis mulai tahun 599 H di Makkah dan di selesaikan tahun 636 H dua tahun sebelum wafatanya. Judul aslinya kitab ini adalah al- futuhat al- makkiyyah fi ma’rifat al- asrar al- malikiyah.
  • Kitab ini terdiri dari 560 bab yang terbaggi atas enam pasal yaitu :
  • Pasal al- Ma’rifat terdiri dari 73 bab, menjelaskan makrifat sufi yang di awali dengan rahasia ilmu huruf dan di akhiri dengan rahasia syi’ar-syi’ar agama.
  • Pasal al- Ahwal terdiri atas 80 bab , menjelaskan keadaan-keadaan dan pancaran yang diraih oleh peseulik dalam perjalanannya menuju Tuhan.
  • Pasal al- Manazil terdiri atas 114 bab, menjelaskan tanda-tanda yang di berikan oleh kekasih dalam keterasingan pesuluk kemudian dia berhenti pada tanda itu untuk beristirahat sejenak, kemudian meningalkannya dalam mikrajnya yang abadi.
  • Pasal al- Munazalat terdiri dari 78 bab, menjelaskan tempata pertemuan yang abdai antara hamba antara hamba dengan pendakiannya dan al- Haq dalam penurunannya.
  • Pasal al- Maqamat terdiri dari 99 bab , menejelasakan ufuk tertinggi yang diraih oleh peseuluk sesuai dengan kadarnya dan pancaran pribadinya.
Sya’rani menukil perkataan Ibnu Arabi “ ketahuilah bahwa seluruh yang kutulis dalam karyaku bukan dari hasil pikiran atau gagasan. Tetapi itu berasal dari hembusan dalam hatiku melalui tangan malaikat ilham”
D.    Muakddimah
  • Dalam pembukaan kitab ini di jelasakan bahwa :
  • Segala sesuatu dalam bentuk manifestasi nama-namanya , setiap sesuatu memiliki manifestasi nama tersendiri.
  • Mayoritas yang tertulis dalam buku ini berkaitan dengan hal-hal yang telah disingkapkan oleh Allah saat sedang melakukan thawaf di rumahnya yang di muliakan atau saat dia sedang duduk sambil bermuraqbah du hadapnnya.
E.     Pandangan ulama’ tentang kitab al- Futhat al- Makkiyah
Abd al- wahab al- sya’rani : “ketahuilah wahai saudaraku sesungguhnya saya sudah menelaah beberpa kitab para ulama’ yang tidak dapat saya hitung, namun saya tidak menemukan kitab yang paling mencakup ucapan ahli tarekat melebihi kitab al- futuhat al- makkiyah, terlebih lagi apa yang di kandung di dalamnya dari rahasia-rahasia syari’at dan penjelasan perdebatan para mujtahid dalam menetapkan hukum. Jika seorang mujtahid membaca kitab tersebut, niscaya ilmunya akan bertambah, bahkan dia akan mengetahui rahasia- rahasia dalam berbagai sudut pandang tentang penetapan hukum dan dengan alasan-alsannya yang autentik dari apa yang belum di ketahuinya. Jika seorang mufassir al-Quran, pensyarah hadis-hadis Nabi , Mutakalimin, Muhadits, ahli bahasa, qari’ penafsir mimpi, ahli fisika, kedokteran, ahli matematika, ahli nahwu, ahli logika, sufi, orang alim yang mengetahui alam nama-nama ilahi, orang alim yang menguasai ilmu huruf  membaca kitab itu, maka merka akan menemukan hal-hal yang  baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar